cover
Contact Name
Florianus Aloysius Nay
Contact Email
nayflorianus@gmail.com
Phone
+6281246445803
Journal Mail Official
ejournal.leibniz@gmail.com
Editorial Address
Jln. Veteran No. 1-3 Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang - Provinsi Nusa Tenggara Timur
Location
Kab. kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Leibniz: Jurnal Matematika
Published by Universitas San Pedro
ISSN : -     EISSN : 27752356     DOI : -
Core Subject : Education,
Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Jurnal Leibniz ini adalah sebagai berikut: Geometri dan Aplikasinya, Teori Graf dan Aplikasinya, Riset Operasi dan Aplikasinya, Sistem Dinamik dan Aplikasinya, Model Matematika dan Aplikasinya, Teori Kontrol dan Aplikasinya, Aljabar dan Aplikasinya, Model Pembelajaran Matematika, Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika, Teknologi dalam Pembelajaran Matematika, dan Kognisi dalam Pembelajaran Matematika
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Leibniz: Jurnal Matematika" : 5 Documents clear
Desain Kendali Adaptif pada Model Penyebaran Demam Berdarah dengan Melibatkan Fase Akuatik Nyamuk Regina Wahyudyah Sonata Ayu
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada paper ini kendali adaptif didesain pada model penyebaran demam berdarah dengan melibatkan fase akuatik nyamuk. Model penyebaran demam berdarah yang dikaji melibatkan enam variabel state (manusia rentan, manusia terinfeksi, manusia sembuh, nyamuk pada fase akuatik, nyamuk dewasa rentan dan nyamuk dewasa terinfeksi) dan satu variabel masukan kendali berupa vaksinasi. Tujuan desain kendali adaptif ini adalah untuk menurunkan jumlah manusia rentan mengikuti fungsi acuan yang diberikan sedemikian sehingga manusia rentan berpindah ke kompartemen manusia sembuh serta jumlah manusia terinfeksi menurun. Konvergensi tracking dianalisis menggunakan fungsi Lyapunov. Performansi kendali adaptif yang telah didesain dievaluasi menggunakan simulasi numerik. Secara analitik dan numerik dapat ditunjukkan bahwa kendali adaptif berupa vaksinasi ini kokoh (robust) dengan adanya ketidakpastian parameter serta tujuan desain kendali tercapai.
Analisis Kemampuan Pemodelan Siswa SMA pada Topik Program Linear Stephani Rangga Larasati; Hongki Julie
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan tes yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas XII di sebuah SMA di Yogyakarta, terdapat beberapa masalah terkait program linear, yaitu (1) siswa kesulitan dalam memodelkan masalah matematika ke dalam fungsi kendala dan objektif, (2) siswa terlalu terpaku dengan langkah pengerjaan yang diberikan guru, (3) siswa mengalami keputusasaan karena masalah program linear seringkali berupa kalimat panjang yang membuat siswa kebingungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan memodelkan siswa yang dilihat dari tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI IPS 1 di sebuah SMA di Yogyakarta. Data penelitian berupa hasil tes. Data tersebut diklasifikasi berdasarkan jawaban-jawaban yang sejenis lalu dianalisis berdasarkan indikator kemampuan memodelkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes nomor 1, 70,96% siswa berada pada level situasional, 22,58% siswa berada pada level referensial, dan 6,45% siswa berada pada level formal.Dalam menyelesaikan soal tes nomor 2, 93,59% siswa berada pada level situasional dan 6,45% siswa berada pada level formal.
Etnomatematika Pertanian Penghasilan Kacang Tanah Desa Lamdesar Timur Kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Kepulauan Tanimbar Yoseph Watratan; Mesak Ratuanik; Olivir Srue
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang berarti bahwa peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab-akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi-materi matematika yang terdapat pada kegiatan pertanian penghasilan kacang tanah masyarakat Desa Lamdesar Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena peneliti ingin menggambarkan dan menguraikan secara rinci dan mendalam mengenai etnomatematika dalam budaya masyarakat desa Lamdesar Timur khususnya mengenai proses pertanian penghasilan kacang tanah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya pertanian penghasilan kacang tanah yang berlangsung dikalangan masyarakat Desa Lamdesr Timur sebagai pekerjaan pokok. Masing-masing kegiatan pertanian penghasilan kacang tanah dalam satu tahun digali satu-persatu untuk mengetahi materi-materi matematika yang terlibat dalam pertanian penghasilan kacang tanah. Materi-materi matematika tersebut diantaranya, himpunan, persegi dan persegi panjang, kesebangunan, theorem Pythagoras, bilangan bulat, pecahan dan perbandingan. Pemetaan tersebut secara rinci dan spesefik direalisasikan pada pembelajaran matematika. Materi matematika yang dapat dirancang pembelajarannya dengan melibatkan budaya pertanian penghasilan kacang tanah Desa Lamdesar Timur.
Eksplorasi Etnomatematika pada Perhiasan Mamoli di Masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya Grassiana Misseri Cordia
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui aspek-aspek fundamental matematis yang terdapat dalam mamoli yang merupakan salah satu mahar untuk pembelisan wanita pada masyarakat di Pulau Sumba; dan 2) mengetahui materi matematika apa saja yang dapat dipraktekan dalam pembelajaran melalui mamoli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat aspek fundamental matematis dalam pembuatan mamoli yakni aktivitas menghitung, mengukur, mendesain. Aktivitas mengitung yakni dengan menentukan banyaknya bahan yang dibutuhkan untuk membuat mamoli, menghitung banyaknya ornamen yang akan dibuat sebagai hiasan. Aktivitas mengukur dalam pembuatan mamoli dalam hal ini yakni mengukur panjang diameter dari lingkaran yang terdapat pada mamoli, menghitung panjang salah satu diagonal dari layang-layang dan belah ketupat yang terdapat pada mamoli. Aktivitas designing dalam pembuatan mamoli berkaitan dengan penggunaan proporsi dan ukuran dan pengguanaan pola yang sesuai dan dilihat dari aspek keindahan.Dan materi matematika yang dapat dipraktekan dalam pembelajaran menggunakan mamoli adalah materi geometri; garis dan sudut; sumbu simetri.
Profil Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Damianus Siki; Kristoforus Djong; Yohanes Jagom
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep matematika siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah yang ditentukan berdasarkan hasil nilai ujian tengah semester. Indikator yang digunakan dalam mengetahui pemahaman konsep yaitu penerjemah, penaksiran dan eksplorasi. Pengumpulan data berupa hasil tugas pemecahan masalah dan hasil wawancara berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan tugas pemecahan masalah dan memenuhi ketiga indikator pemahaman konsep yaitu indikator penerjemahan penafsiran ekstrapolasi (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi ketiga indikator pemahaman konsep yaitu indikator penerjemahan penafsiran dan ekstrapolasi (3) siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi dua indikator yaitu penerjemahan penafsiran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5